Type Here to Get Search Results !

Komisi I DPRD Monitoring Pelayanan Publik

Karawang, infokotanews.com - KomisiI DPRD Karawang melakukan kunjungankerja (Kunker) ke Dinas Kependudukandan Catatan Sipil (Disdujcatpil) Kabupaten Karawang. Dalam kunjungan tersebut mereka membahas serta memonitoring terkair pelayanan publik, Rabu (19/05/2021). (Rabu,19,

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Karawang,  Budianto dan diterima  oleh pihak Disdukcatpil. Kunjungan kerja ini rutin dilaksanakan, dan kegiatan ini merupakan  kunjungan ketiga.  Sebelumnya,  kunjungan serupa juga pernah dilakukan Komisi I  ke Kominfo, DPMD,  dan terakhir adalah ke Disdukcatpil.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Karawang Budianto, mengatakan,  agenda kunjungan hari ini membahas tentang pelayanan seperti pembuatan KTP. Bahwasanya,  dalam pembuatan KTP itu mudah tanpa harus biaya alias gratis.

"Menurut Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam konten tiktok nya beliau mengatakan bahwasanya membuat KTP itu mudah. Maka dari itu  Komi I DPRD Karawang mengkonfirmasi ke Dukcapil Karawang perihal ini sesuai kenyataan atau tidak di lapangan perihal pembuatan KTP itu mudah dan supaya adanya sinkronisasi dengan pernyataan tersebut agar masyarakat juga tahu" tutur Budianto kepada awak media.

Pihaknya megaskan bahwa pembuatan KTP itu gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun, bahkan tidak harus ada surat pengantar dari RT ataupun desa.

Pembuatan KTP kata dia,  hanya cukup membawa identitas diri. Sementara, berapa lama proses pembuatan KTP itu tergantung dari sistem dan jaringannya.

"Karena berdasarakan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, bahwa setiap warga negara berhak mempunyai kartu identitas diri. Serta di perkuat lagi oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil. Jadi sudah jelas dalam pembuatan KTP itu mudah dan tidak ada pungutan" ujarnya.

Komisi I DPRD  juga menanyakan perihal efektivitas program yang sudah berjalan, ketika KTP yang sudah jadi itu di antarakan lewat pos tidak di ambil langsung, karena kemarin biayanya sudah kita anggarkan untuk program tersebut,"jelas Budianto

Dalam kunjungannya, Komisi I juga  menyoroti keadaan gedung yang sudah mulai rapuh. Pihaknya akan meninjau proses pembangunan gedung  Disdukcapil baeu dalam kunjungan berikutnya,

"Mudah gedung baru Disdukcapil  dapat segera digunakan"ujar poltisi Demokrat ini menandaskan. (Erdin).