Unsika Mewisuda 464 Lulusan Periode Bulan Maret Tahun Akademik 2023/2024 .

Info Kota News
, Maret 06, 2024 WIB Last Updated 2024-03-07T01:22:56Z

Karawang, Infokonews - Bertempat di Kampus Unsika Karawang, Rabu (6/2/2024)  telah  melaksanakan wisuda sebanyak  445 orang dan 11 orang magister.  

Dalam sambutannya, Rektor Unsika, Prof. Ade Maman Suherman, SH, M.Sc mengatakan, Unsika telah melakukan berbagai upaya dalam membangun pendidikan di tanah air ini ke arah yang lebih baik, mulai dari tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga tingkat pendidikan tinggi. 

"Kami menyadari tantangan yang ada di masyarakat yangmenuntut kemajuan dunia pendidikan juga tidak kalah cepat perkembangan. Satu pesan penting yang tidak akan kita lupakan dari nilai pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara melalui peran guru adalah harus diterapkannya prinsip Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani," ucapnya. 

Rektor Unsika menambahkan,.memaknai guru sebagai pilar pendidikan dalam suatu sekolah dapat juga kita artikan sebagai institusi pendidikan sebagai pilar bagi pembangunan bangsa. Kita yakini bersama bahwa pendidikan yang kokoh yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh, akan dapat menjadi modal kuat bagi pembangunan bangsa ini.

Di kesempatan ini, Rektor Unsika menyampaikan pencapaian dan program kerja 2024 yaitu :- Jumlah Mahasiswa terdaftar sekitar 18.000 orang menyebar di program studi D3, S1, S2 dan Profesi- Ada 9 Fakultas terdiri dari 40 program studi. Jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor terus bertambah. 

Sejak setahun terakhir dosen lulusan S3 dari luar negeri seperti Taiwan dan Amerika Serikat, dalam negeri lulusan S3 dari UPI, ITB, UI, IPB dan PTN lainnya. Jumlah dosen dengan gelar Professor bertambah menjadi 5 orang, ke depan akan terus diupayakan program percepatan agar dosen bergelar professor. 

Dari sisi kualitas, saat ini 13 program studi terakreditasi dengan peringkat Baik atau C dan 23 program studi dengan peringkat Baik sekali atau B- Rencana Peningkatan Kualitas: tahun 2024 ini sebanyak 19 program studi yang termasuk ke dalam rumpun sosial dan humaniora sedang mempersiapkan diri untuk diajukan akreditasi internasional. Semoga ini terkabul seiring dengan peningkatkan sarana dan kualitas dosen dan pemantapan tata Kelola kampus.

Selain itu ada berbagai peningkatan penyediaan sarana prasana, sepertiKampus I:Unsika melakukan penataan dan perawatan gedung. Gedung di kampus 1, termasuk gedung Fakultas Pertanian yang berlokasi di belakang aula ini, revitalisasi sarana olah raga termasuk lapangan tennis. 

Kampus II:Unsika sejak tahun 2021 mulai fokus pengembangan kampus di lokasi kampus Il dan terus berlanjut sampai sekarangTahun 2024 akan segera dibangun Gedung Serbaguna dan Gedung Student Center. Pembangunan masjid (Unsika juga membuka donasi bagi orang tua/wali wisudawan untuk pembangunan masjid terbut).

Lalu pengembangan sistem Informasi untuk meningkatkan tatu kelola yang baik untuk kegiatan akademik maupun keuanganPeningkatan Kerjasama yang saling menguntungan Tujuan Kerjasama adalah untuk meningkatkan kualitas Unsika di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kerjasama Dalam Negeri Kerjasama dengan pihak industri sekitar Karawang dan Bekasi dan industri lainnya berskala nasional. Kerjasama dengan perguruan tinggi antara lain: UI, ITB, UGM, UNES dan perguruan tinggi besar lainnya2. Kerjasama dengan lembaga pemerintah.

Kerjasama Luar Negeri Area ASEAN : 13 universitas yang menyebar di Malaysia, Pilipina, Thailand dan Vietnam. ASIA: 9 universitas yang menyebar di Tiongkok, Taiwan, dan Korea Selatan. Amerika Selatan: 1 universitas di Brazil. 

Mengakhiri sambutannya,  Rektor Unsika berpesan kepada para wisudawan, setidaknya ada 7 kunci proses dalam menjalani kehidupan: 1. Bertaqwa, 2. birrul walidain, 3. Banyak Do'a, 4. Bersedekah, 5. Memperluas Ilmu, 6. Disiplin, dan 7. Menikmati Proses.Atas pencapaian tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Rektorat serta seluruh Civitas Akademika Tendik Universitas Singaperbangsa Karawang.

"Kami mengucapkan terimakasih bagi panitia dan seluruh civitas akademik Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda dengan baik." Pungkasnya. ( TIRTA)
Komentar

Tampilkan

Berita Lainnya